National Costume Indonesia 2018

21 Desember 2018
Miss Tourism International 2018
Astari Vernadeina
"Minahasa, Land of Waraney"
by Dynand Fariz (Jember Fashion Carnaval)
Terinspirasi dari tari kabasaran, yaitu tarian perang  yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Kabasaran sendiri berasal dari kata "Kawasalan" yang artinya mengikuti gerak tari pertarungan 2 ayam jantan. Dahulu kala tari ini hanya bisa dibawakan kaum pria keturunan "Waraney" yaitu para petani yang mengangkat senjata untuk menyerukan semangat perang. Dan kini, tari kebasaran biasa diadakan sebagai tari penyambutan tokoh penting serta penghargaan terhadap pejuang perang. Dominasi warna merah dan coklat dari kain tenun khas minahasa menjadi ciri khas tarian kabasaran. Dilengkapi senjata berupa pedang atau tombak, semakin menggambarkan keberanian dan ketangguhan prajurit minahasa menhunus senjata demi membela kehormatan.


16 Desember 2018
Miss Universe 2018
Sonia Fergina Citra
"Bird of Paradise"
by Dynand Fariz (Jember Fashion Carnaval)
Keelokan burung Cendrawasih atau sering di juluki Bird of Paradise (Burng Surga) merupakan endemik khas Tanah Papua yang memiliki keindahan dan keeksotisan warna serta gerakan anggun  yang mampu menghipnotis  siapapun yang melihatnya


07 Desember 2018
Mister Grand International 2018
Daniel Widodo
Best National Costume
"The Sacred of Turonggo Yakso Trenggalek"
by Jusuf Bachtiar
Tari Jaranan Turonggo Yakso ini menceritakan tentang kemenangan warga desa dalam mengusir mara bahaya atau keangkaramurkaan yang menyerang desanya. Tarian ini selalu dibawakan setiap Bulan Suro, dalam penanggalan Jawa dan sudah ditentukan oleh seorang pawang atau sesepuh. Tari Turonggo Yakso ini berbeda dengan kesenian jaranan yang ada di Trenggalek. Perbedaan tersebut berada pada kuda-kudaan yang ditungganginya. Jika pada kesenian jaranan kuda tersebut menggambarkan kuda yang benar-benar berbentuk kuda maka pada Tari Turonggo Yakso, Kuda yang pakai berbentuk Buto. Namun pada gerakannya hampir sama. Seni Tari Jaranan Turonggo Yakso merupakan kesenian lokal khas daerah tingkat dua Kabupaten Trenggalek yang lahir dan bermula dari budaya turun temurun oleh masyarakat di Kecamatan Dongko. Dengan mengangkat unsur warna Merah, Kuning dan Hitam yang memili arti Merah (Kekuatan dan keberanian), Kuning (Idealis dan Harapan) serta Hitam (Natural atau Abadi).


07 Desember 2018
Miss Supranational 2018
Wilda Octaviana Situngkir
Best National Costume
"The Sacred Hudoq"
by Dynand Fariz (Jember Fashion Carnaval)
"Bumi mencurahkan segala hanya kepada mereka yang mampu bersyukur dan menjaga" Petuah yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Dayak inilah yang selalu di jaga dan diwariskan kepada anak cucu mereka. Petuah yang digambarkan melalui suatu tarian bernama tarian topeng Hudoq.
Hudoq artinya menjelma. Dalam tarian topeng ini, di percaya bahwa sosok sang penjaga akan menjelma mengusir hama penyakit dan bencana dalam kehidupan. Topeng yang di representasikan memiliki ragam bentuk sesuai sifat yang dimiliki. Hudoq Urang Tinggung merepresentasikan bentuk burung Enggang, yang mewakili kebijaksanaan dan merupakan pelindung dalam kepercayaan dayak kuno. Bentuk mata besar, paruh dan mulut terbuka lebar, serta gigi yang mencolok sebagai perwujudan kekuatan dan kehormatan. Sementara daun pisang yang mengelilingi badan penari adalah bentuk pengharapan kesuburan dan kesejahteraan. Meskipun sarat akan unsur mistis dan pengaruh animisme warisan leluhur, Tarian Topeng Hudoq menunjukkan bahwa masyarakat dayak selalu menjunjung tinggi segala bentuk komunikasi, baik terhadap sesama maupun terhadap Sang Pencipta.


02 Desember 2018
Mister Icon World 2018

Gio Fernandez Alvin
Best National Costume
"Ksatria Garuda Indonesia"
by Pupu (Three Minutes Upgrade)



02 Desember 2018
Manhunt International 2018
Ahsan Hariri Konconegoro
1st Runner Up Best National Costume
"Mahapatih Gajah Mada"
by Aries Christiawan (Nganjuk Bayu Carnival "NBC")
Gajah Mada menurut naskah lama Jawa, puisi dan mitologi merupakan seorang pemimpin militer yang kuat. Ia menyampaikan sumpah yang di sebut Sumpah Palapa, dimana ia bersumpah untuk hidup petapa (tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah) sampai ia menaklukkan seluruh Kepulauan Asia Tenggara Nusantara untuk Majapahit. Ia adalah Mahapatih yang membawa Kerajaan Majapahit ke puncak kejayaan.


24 November 2018
Mister Universal Ambassador 2018
Agung Wira Jaya
1st Runner Up Best National Costume
"Paksi Naga Liman"
by Caruban Carnival


22 November 2018
Miss Asia Awards 2018

Sash Bandung
Daniella Grace
"Quenn Of Seroja"
by Rendy Agustian Jikrin

Sash Jakarta

Putri Riri
"Wanita Perkasa Dari Tanah Papua Barat"
by Inggi Indrayana Kendran
Terlahir sebagai wanita Papua Barat adalah suatu anugerah, karena para wanita Papua Barat terlahir dengan sebuah posisi penting bagi tanah mereka. Kuat, Tegas dan Mandiri adalah gambaran sosok mereka. Kostum ini merupakan gambaran seorang wanita Papua Barat yang memiliki posisi penting dalam menjaga tanah mereka. Keperkasaan mereka adalah senjata pamungkas dalam menghadang tantangan di belantara. Kelembutan mereka adalah air penyejuk yang memberikan ketentraman dan kedamaian sebagaimana kodrat seorang wanita pada umumnya.


17 November 2018

Miss Model Of The World 2018

Kharisma
Best National Costume
" ... "
by Agung Ramajaya Putra (Pancer Langit)


10 November 2018
Miss Asia International 2018

Marsya Gusman
"Sayu Wiwit : The Warrior of Blambangan"
by Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)
Sayu Wiwit : The Warrior of Blambangan, The Queen Emperor of Mount Raung.
Terinsprasi dari tokoh Banyuwangi, Sayu Wiwit yang merupakan anak Rempeg Jogopati, penguasa terakhir Kerajaan Macan Putih, yang menggambarkan ketangguhan dan keberanian seorang wanita.


08 November 2018
Miss International 2018
Vania Fitryanti Herlambang
"Dynamism of Rumah Gadang"
by Dynand Fariz (Jember Fashion Carnaval)
Rumah Gadang (Rumah Besar) adalah rumah kayu yang mampu memahami bahasa alam. Sekalipun alam sedang menggetarkan tanahnya, struktur rumah ini tetap kokoh dan berayun mengikuti gelombang yang ditimbulkan getaran tersebut. Keserasian warna hitam, merah dan sentuhan warna emas dalam kostum ini merupakan wana "Marawa Minangkabau". Dimana Hitam melambangkan akal dan budi, Merah melambangkan keberanian dan kuning (Emas) yang elambangkan keagungan masyarakat Minangkabau. Warisan Rumah Gadang ini mengingakan kita bahwa Alam adalah Sahabat, Alam adalah Rumah kita.


03 November 2018
Miss Earth 2018
Ratu Vashti Annisa
"Bhakti Ring Segoro Kidul"
by Inggi Kendran
Terinspirasi dari gerakan lemah lembut tari Bedhaya Ketawang yang memberikan vibrasi ketenangan, keanggunan dan kesakralan. Sebuah  tarian yang sarat akan makna sebagai rasa sujud bhakti kepada sosok suci nan agung yang menjadi Ibu bagi para Raja Tanah Jawa. Ibu Gusti Ratu Kanjeng Pantai Selatan yang diyakini sebagai sesosok ratu yang suci penguasa pantai selatan pulau jawa. Sosok yang amat pemurah yang memberikan hasil laut yang melimpah kepada masyarakat tanah jawa. Melalui kostum ini, Inggi Kendran ingin menunjukkan rasa sujud bakhti kepada sosok suci, Ibu Gusti Ratu Kanjeng Pantai Selatan atas segala tuntunan dan anugerah yang diberikan olehnya kepada masyarakat sekitar.


26 Oktober 2018
Miss Grand International 2018
Nadia Purwoko
TOP 12 National Costume
"Underwater Lombok - The Return"
by G. Liem
Baru-baru ini terjadi gempa yang  cukup hebat yang berpusat di daerah Timur Laut Lombok. Banyak masyarakat Lombok yang terkena dampaknya. Bahkan ada desa yang nyaris hilang karena hampir seluruh rumah penduduknya hancur. Dampaknya terasa juga ke Barat Laut Lombok termasuk ke tiga icon dan pusat daya tarik pesona pantai dan keindahan bawah laut di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Saat ini pantai-pantai di tiga gili tersebut sedang berkurang keindahannya. Serpihan kayu, puing bangunan, pecahan kapal, jembatan runtuh, meja kursi restoran yang amburadul dan sepeda motor yang tumpang tindih tak bertuan adalah pemandangan yang jamak disana. Aktifitas penduduk dan perekonomian juga terganggu. Atas peristiwa tersebut, G. Liem mengambil kesempatan untuk menggambarkan betapa indahnya pesona bawah laut Lombok sebelum gempa terjadi. Melalui National Costume ini diharapkan agar wisatawan di dunia kembali berkunjung ke Indonesia.

Komentar




Postingan populer dari blog ini

Miss Indonesia 2007

Mister Global Indonesia 2019 Result

Puteri Indonesia 2013