National Costume Indonesia 2019

21 Januari 2018
Miss Multinational 2018

26 Januari 2018
Miss Intercontinental 2018
"A Glimpse of The Origin of Nagini"
by Eggie Jasmin

03 Februari 2019
Best National Costume
Mister Tourism World 2018
"The Prince of Mercusuar"
by Raden Nudien

11 Februari 2019 
Miss Global 2018
"The Great of Queen Shima"
by Ade Sugriwa
Maharani Shima merupakan Ratu salah satu penguasa Kerajaan Kalingga yang terletak di Pantau Utara Jawa Tengah. Ratu Shima terkenal akan kejujuran dan menjadikan hukum sebagai panglima.
Ratu Shima merupakan sosok pemimpin yang jujur, adil dan tegas sehingga sangat dicintai oleh rakyatnya dan memiliki peraturan yang sangat tegas tentang kasus pencurian yaitu hukum potong tangan yang diterapkan bagi siapa saja yang mencuri barang milik orang lain bahkan berlaku untuk semua rakyat termasuk keluarga kerajaan bahkan anaknya sekalipun. Ratu Shima menerapkan hukum yang keras dan tegas untuk mengajarkan rakyatnya agar senantiasa jujur. Merah, Emas dan Hitam merupakan warna yang dominan dalam melambangkan sikap dari seorang Ratu Shima yang berani, tegas, adil, jujur dan juga anggun. Karena berasal dari Pantai Utara Jawa Tengah tak lupa ukir-ukiran yang di aplikasikan pada kostum Ratu Shima ini yang merupakan ciri khas dari Jepara sebagai penghasil kerajinan ukiran yang mendunia.

24 Februari 2019
Miss Asian International 2019

24 Februari 2019
Mister International 2018
"The Knight From The Royal Mataram"
by Theo A Rintoko (Salatiga Carnival Center/SCC)
Kekuatan, Kegagahan, dan Masa Kejayaan Mataram ada di masa pemerintahan Sultan Agung. Dari sinilah terinspirasi terbentuknya semangat dan pengangkatan tema National Costume.
Membawa semangat dari perjuangan Sultan Agung kami mengambil hal2 dengan karakteristik yang sama oleh Mister International 2019 wakil Indonesia. Mr. Ezza Raditya merupakan sosok yang gagah, berani, dan punya kekuatan dan kharisma seorang juara yang begitu kuat. Sama halnya dengan keberanian, kegagahan dan kharisma yang dimiliki oleh Sultan Agung menjadi yang diharapkan oleh pemimpin kami.

08 Maret 2019
Miss International Queen 2019
"BALI - The Island of Gods"
by Eko Purwanto
National costume ini terinspirasi dari salah satu pulau terindah di Indonesia, pulau yang merupakan wujud sempurna dari kekayaan luhur budaya Nusantara, Bali. Sosok wanita cantik sebagai lambang Tridevi, tiga dewi utama dalam kepercayaan hindu, Saraswati, Lakshmi dan Parvati. Sayap yang membentuk gunungan adalah lambang alam semesta dengan semua kehidupan didalamnya, termasuk di dalamnya adalah pohon kalpataru sebagai pohon kehidupan.
Merupakan keindahan atap Tumpang 11 tingkat adalah lambang konstruksi bangunan utama di dalam kompleks Pura di Bali dan juga merupakan simbol dari sebuah gunung di Sorgaloka tempat bersemayamnya dewa. Janur pada bahu adalah lambang dari Penjor yang dibuat untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah tuhan. Warna kuning yang melambangkan kemakmuran sekaligus sebagai sarana tolak bala dan menangkal kejahatan.
Rok dengan motif kain poleng adalah konsep keseimbangan antara baik dan buruk. Termasuk di dalamnya adalah warna tridatu, putih sebagai lambang kesadaran dan bijaksana, merah sebagai lambang energi dan hitam sebagai lambang penghambat. Bagian rok juga bisa dibuka melambangkan kebudayaan dan kepercayaan yang dipakai dalam segala aspek kehidupan bisa selaras dengan perkembangan zaman yang dinamis dan modern, sementara detail permata di bagian dalamnya adalah simbol kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh Bali dan Indonesia.

29 Maret 2019
TOP 10 National Costume
Miss Eco International 2019
"The Love Story of Puti Juilan"
By Inggi Kendran
Dilatar belakangi dari cerita puti juilan yang merupakan seorang putri saudagar kaya raya bernama nakhoda baginda yang merupakan putra dari pemimpin kerajaan pagaruyung yakni, tuanku raja kecik yang terletak di kampung alai, kabupaten agam, pesisir utara sumatera barat. Puti juilan merasa sedih sebab tak ada seorangpun pemuda yang berani mempersuntingnya karena kemewahan hidup sang putri. Kesedihan yang ia rasakan pun diketahui sang kakek dan memutuskan membuatkan sebuah pesta besar untuk membahagiakannya. Sebelum berlangsungnya pesta tersebut puti juilan bermimpi bertemu dengan seorang pemuda bernama sutan rumandang. Penantianpun ia lewati hingga sebuah kapal besar yang dikemudikan oleh pemuda tampan bernama sutan rumandang terdampar di wilayah kerajaannya. Orang orang pun bersuka cita menyambutnya. Hingga dimintalah kesediaan sang pemuda untuk menikahi sang puti juilan. Namun karena merasa belum pantas dan harus mencari harta yang banyak sang pemuda saat itu hanya berkenan untuk bertunangan dan kembali melakukan pelayaran. Sang puti juilan bersedih dan bersumpah akan menanti sang pujaan hati. 
Lama ditinggal oleh sutan rumandang membuat puti juilan lupa akan sumpahnya. Ia jatuh cinta kembali pada seorang saudagar dan menikahinya. Akibatnya ia pun terkena kutukan akibat sumpah yang diucapnya. Dalam kutukan itu membuatnya menjadi amat sedih dan menanti sutan rumandang di tepi pantai. Namun malang, penantian tersebut harus ia lalui hingga ajal menjemput.

29 Maret 2019
Best National Costume
Men International 2019
by Aries Christiawan (Nganjuk Bayu Carnival/NBC)


27 April 2019

Miss Glam World 2019
"Baladewa"
by Wisnu Prayuda Alamsyah
Nama Baladewa mengandung arti balatentara dewa. Kata bala artinya kekuatan atau prajurit. Sesuai dengan wataknya yang pemarah, peraga wayang Baladewa, baik gagrak Surakarta maupun Yogyakarta digambarkan dengan warna kemerahmerahan. Prabu Baladewa merupakan salah satu tokoh wayang yang dikenal adil, tegas, jujur, tetapi pemarah dan mudah dihasut. Ia adalah putra Prabu Basudewa dari Kerajaan Mandura, yang kemudian mewarisi takhta ayahnya. Sedangkan adiknya yang bernama Kresna, menjadi raja di Dwarawati. Baladewa dilahirkan kembar bersama Kresna, namun kulit mereka berbeda rupa. Baladewa berkulit putih, sedangkan Kresna hitam. Ibu mereka adalah Dewi Mahindra, yang kadang-kadang diucapkan Mahendra. Dari ibunya yang lain, mereka berdua mempunyai adik perempuan bernama Dewi Bratajaya alias Wara Subadra. Sementara itu dari ibu yang lain lagi, yakni Dewi Maerah, Baladewa mempunyai saudara haram, yakni Kangsa. Permaisuri Baladewa bernama Dewi Erawati, putri sulung Prabu Salyapati. Tidak seperti kebanyakan raja dalam pewayangan yang beristri banyak, sampai akhir hidupnya Prabu Baladewa hanya punya seorang istri. Anaknya dua, dinamakan Wisata dan Wimuka.


28 April 2019
TOP 5 Best National Costume
Mister Model International 2019
"Arya Kamandanu"
by Aries Christiawan (Nganjuk Bayu Carnival/NBC)
Arya Kamandanu adalah salah satu tokoh yang dikenal sebagai sosok pemuda ahli dalam ilmu kanuragan atau ilmu tenaga dalam di jaman kerajaan Majapahit. Ia juga dikenal sebagai seorang pendekar berjiwa ksatria dan mampu menaklukkan musuh-musuhnya. Arya Kamandanu dicirikan melalui kepemilikan Pedang Naga Puspa.Dalam setiap petualangannya, Arya Kamandanu selalu ditemani oleh pedang pusakanya bernama pedang Naga Puspa ciptaan gurunya, Mpu Ranubhaya. Pedang Naga puspa ini begitu dahsyat kekuatannya, ketika pedang ini sudah keluar dari warangka nya, maka akan mengeluarkan sinar yang menyala berwarna merah darah. Dalam penciptaannya, Mpu Ranubhaya memasukkan energi ghaib yang sangat kuat dari roh sepasang Naga Bumi suami istri yang bernama Ki Ageng Puspa dan Nyi Ageng Puspa kedalam pedang tersebut, sehingga bagi siapa saja yang berani mencabut pedang tersebut dari warangkanya namun tidak memiliki tenaga dalam yang mampu mengimbangi kekuatan dari pedang Naga Puspa tersebut, maka si pemegang pedang tenaganya akan langsung tersedot habis oleh energi ghaib yang berada dalam pedang Naga Puspa ini hingga bisa menyebabkan kematian. Sudah banyak korban-korban yang berjatuhan akibat kecerobohan menggunakan pedang ini.

09 Mei 2019
Best National Costume
Miss Supermodel Worldwide 2019
by Aries Christiawan (Nganjuk Bayu Carnival/NBC)


31 Mei 2019
Miss Culture International 2019
"Putri Junjung Buih"
by Ahmad Sholeh
Folkstories from South Kalimantan, Indonesia. It is about a princess called Putri Junjung Buih, known for her brave and strong personality. The costume is dominated with yellow to represent the Banjarnese tribe and combined with a sprinkle of gold, to describe prosperity and glory.

31 Mei 2019
Miss Teen Tourism 2019
"Baju Bodo"
by Mahkota Salon
Baju Bodo is a traditional attire of the Bugis-Makassar tribe and is estimated to be one of the oldest clothes in the world. The estimation is supported by the history of Muslim cloth which is the basic material for Baju Bodo.
In accordance with the name "bodo" which means short, this shirt is indeed short-sleeved. Bodo Shirt was formerly worn without an undercloth so that it showed the wearer's breasts and chest curves, and was combined with a sarong that covered the lower part of the body. But along with the influence of Islam in this area, the clothes that had previously shown genitals changed. This transparent dress is now paired with the same colored underwear, but in a brighter shade. While the bottom of the dress is a matching silk sarong.
The original Baju Bodo is a traditional Indonesian clothing specifically made for women which in its use it has color-based rules that symbolize the age and female classes of the wearer.
necklaces, bracelets and earrings and headpieces are evidence of the grace and luxury of South Sulawesi women
the community believes that using bodo clothes is proof that we continue our culture and heritage.

Komentar




Postingan populer dari blog ini

Miss Indonesia 2007

Mister Global Indonesia 2019 Result

Puteri Indonesia 2013